About me

Jumat, 21 November 2014

Galaksi (I)


Menurut Wikipedia, Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap–komponen yang penting namun belum begitu dimengerti.

Menurut opini lain, Galaksi adalah kumpulan bintang yang membentuk suatu sistem, terdiri atas satu atau lebih benda angkasa yang berukuran besar dan dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya sebagai anggotanya yang bergerak mengelilinginya secara teratur.

Apapun itu, Galaksi adalah sebuah sistem yang ada di dalam kehampaan ruang antariksa yang menyatukan segala komponen dan partikel seperti membentuk suatu komunitas bintang yang sangat besar.

Saat ini, masih di perkirakan Galaksi berjumlah 170.000.000.000 (170 Miliar) di seluruh alam semesta ini. Mereka tidak diam dan saling bergerak oleh tarikan gravitasi yang kuat. Seperti halnya Bima Sakti yang bergerak mendekati Andromeda (atau entah sebaliknya). Yang jelas suatu saat Bima Sakti akan berada sangat dekat dengan Andromeda (Tentu saja tidak untuk beberapa ratus ribu tahun lagi).

Galaksi terdiri dari seratus juta bintang sampai dengan seratus triliun bintang. Bima Sakti sendiri, sebagai tempat dimana Bumi berada, terdapat sekitar 400 Miliyar bintang yang menyusunnya. Bintang-bintang ini bergerak mengelilingi inti dari galaksi.

Sumber : Zona SiswaWikipedia


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More